Jumat, 01 Februari 2013



Dalam menghubungkan 2 komputer/Laptop dengan menggunakan kabel LAN yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan:

  • Tang Crimping



  • Connector RJ-45

  • Kabel UTP

  • LAN Tester



Setelah semua telah dipersiapkan, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah memasang kabel pada konektor/RJ-45. Tapi sebelum melakukan pemasngan kabel anda harus tau mana yang digunakan untuk Switch dan mana yang digunakan untuk Peer To Peer (computer ke Ke Komputer). Untuk penggunaan Switch/HUB jenis pemasangan kabel yang kita gunakan adalah Stright sedangkan untuk penggunaan Peer To Peer, jenis pemasanga kabel yang digunakan adalah jenis Cross.
Jadi pada kali ini kita akan memasang kabel jenis Cross pada Konektor/RJ-45 sesuai judul postingan kali ini. Untuk mengetahui bagaimana cara memasang kabel LAN pada konektor/RJ-45 dengan jenis Cross maka perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Kupas kulit kabel dengan ukuran 1 Cm dengan tang Crimping lalu potong dan ratakan ujungnya
  • Urutkan warna kabel sesuai dengan jenis kabel Cross yang akan kita gunakan untuk mengkoneksikan 2 komputer.
Untuk ujung kabel pertama susunan warnanya seperti berikut ini:
1.      Orange-putih
2.      Orange
3.      Hijau-putih
4.      Biru
5.      Biru-putih
6.      Hijau
7.      Coklat-putih
8.      Coklat
           Untuk ujung kabel kedua susunan warnanya seperti berikut ini:
1.      Hijau-putih
2.      Hijau
3.      Orang-putih
4.       Biru
5.      Biru-putih
6.      Orange
7.      Coklat-putih
8.      Coklat

  • Setelah kabel sudah dipotong dengan rata dan rapi serta sudah tersusun dengan susunan cross maka kita akan memasukkan ujung kabel pada RJ-45:

  • Langkah selanjutnya kita akan menjepit ujung kabel yang kita masukkan tadi pada RJ-45 agar kabel tidak terlepas.  Caranya anda masukkan RJ-45 kedalam Tang Crimping yang sudah tersedia, sebelum anda menekan Tang Crimping anda harus yakinkan bahwa semua ujung kabel sudah pada posisi Pin masing-masing dan susunan warna  tidak ada yang berubah sesuai dengan ketentuan serta semua ujung kabel harus rata dengan cara mendorong sekuatnya pada Konektor/RJ-45. Setelah anda yakin bahwa susunan kabel sudah pada posisi pin masing-masing dan telah tersusun dengan rata maka saatnya anda menjepit Konektor sampai kuat dan dipastikan tidak akan terlepas lagi dengan kabel UTP yang kita masukkan.
  • Selanjutnya setelah kita selesai menjepit konektor yang sudah terpasang dengan kabel UTP dari kedua ujung kabel tadi maka kita akan melakukan Tes apakah kabel yang sudah terpasang pada Konektor/RJ-45 sudah terpasang dengan baik dengan menggunakan LAN Tester.

Cara memastikan bahwa pemasangan kabel yang kita lakukan tadi apakah benar atau tidak, maka perhatikan cara berikut ini:
Perhatikan lampu yang menyala pada LAN Tester dengan urutan Angka

1        ke  3
2        ke  6
3        ke  1
4        ke  4
5        ke  5
6        ke  2
7        ke  7
8        ke  8

Setelah susunan sudah seperti di atas maka pemasangan kabel Type Cross yang anda lakukan telah berhasil dengan sempurna.

Selamat mencoba dan semoga sukses…………………….


Husni Kaimuddin

0 komentar:

Poskan Komentar